Selamat Datang di Blog Wanita Sosial(ita), Semoga Bermanfaat

Senin, 08 Desember 2014

EKSISTENSI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM ORGANISASI




Keterlibatan manajemen sumber daya manusia dalam organisasi sangat bermanfaat dalam membawa organisasi ke arah yang kebih optimal dalam rangka pencapaian tujuan yang ditetapkan.
A.      Kegiatan dan Tanggung Jawab Manajemen Sumber Daya Manusia
Aktivitas utama MSDM adalah mendapatkan, mengelola, dan pemutusan sumber daya manusia.
1.      Mendapatkan Sumber Daya Manusia
Menentukan persyaratan organisasi terkait dengan sumber daya manusia yang ingin diperoleh dengan memperhatikan kuantitas, tipe, dan kualitasnya. Aktivitas ini meliputi empat langkah, yaitu:
a.       Memberikan saran tentang bentuk struktuk organisasi yang diperlukan untuk melaksanaan strategi.
b.      Merencanakan tentang jumlah, tingkat, dan tipe pekerjaan yang diperlukan organisasi untuk mencapai tujuan secara efektif.
c.       Merancang pekerjaan yang dijabarkan dalam tugas dan kewajiban.
d.      Mengelola atau memberikan saran dalam proses seleksi.
2.      Mengelola Sumber Daya Manusia
Memastikan bahwa tenaga kerja tersebut akan tinggal cukup lama di dalam organisasi, sehingga efektif dan dapat menunjukkan kinerja yang bagus selama mereka disana. Hal itu mencakup:
a.       Merancang manajemen kinerja yang akan membantu pegawai.
b.      Merancang dan melaksanakan program-program pelatihan.
c.       Merancang dan melaksanakan program-program pengembangan.
d.      Menetapkan strategi perubahan yang dapat menunjang tujuan organisasi dan rencana bisnis.
e.       Merancang dan menentukan K3.
3.      Pemutusan Sumber Daya Manusia
Pemutusan hubungan kerja di mana pegawai harus melepaskan diri dari organisasi atau organisasi ini disebabkan karena pensiun, mengundurkan diri, selesai kontrak, berakhirnya kontrak pelatihan, pemecatan, redundansi, dan sebagainya. Aktivitas dalam hal ini adalah:
a.       Melaksanakan atau menyarankan agar diadakan wawancara PHK
b.      Memberikan alternatif pemecahan masalah serta memberikan konsultasi dan komunikasi
c.       Memberikan petunjuk bagaimana penerapan serta bagaimana memberi pesangon bila terjadi PHK
d.      Memberi petunjuk agar tepat sasaran.
e.       Menyelenggarakan kursus pra-pensiun
f.       Menasihati manajer agar dapat mengambil tindakan yang tepat bila terjadi protes tentang PHK
Manajemen sumber daya manusia mempunyai tanggung jawab untuk memberdayakan sumber daya manusia dalam organisasi, mengelola unsur manusia secara baik agar diperoleh tenaga kerja yang qualified dan puas terhadap pekerjaannya demi pencapaian tujuan organisasi.
B.       Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Organisasi
Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) merupakan suatu usaha mencapai tujuan organisasi dengan mengelola dan mendaya gunakan segala sumber manusia yang berada dalam suatu organisasi. Organisasi adalah sekumpulan orang yang di dalamnya melakukan kerja sama melalui pola hubungan yang bersifat sekunder sehingga tidak terikat oleh kaitan emosional dan dipengaruhi oleh lingkungan dalam mencapai tujuan. Pelaksana atau yang menjalankan organisasi adalah manusia. Karena itu menusia dalam organisasi merupakan titik sentral dan harus dikelola dengan baik. Untuk itu diperlukan manajemen khususnya untuk kepentingan pengelolaan dan pendaya gunaan manusia.
C.       Manfaat Manajemen Sumber Daya Manusia
Manfaat dari manajemen sumber daya manusia adalah terciptanya suatu kondisi SDM (pegawai atau tenaga kerja) yang memenuhi kebutuhan organisasi, yang bermotivasi dan berkinerja tinggi dilengkapi dengan sarana untuk menghadapi perubahan, serta menggunakan kebijakan-kebijakan yang mengarah pada pencapaian tujuan organisasi.
D.      Tantangan Manajemen Sumber Daya Manusia
Tantangan yang dihadapi oleh manajemen sumber daya manusia di masa depan adalah bagaimana menciptakan suatu organisasi sekaligus dituntut pengelolaan yang semakin efisien, efektif dan produktif. Kebijaksanaan apapun yang dirumuskan dan ditetapkan di bidang sumber daya manusia dan langkah-langkah apapun yang diambil dalam manajemen sumber daya manusia itu kesemuanya harus berkaitan dengan pencapaian berbagai tujuan yang telah ditetapkan untuk dicapai.
Pada dasarnya, berbagai pencapaian tersebut dapat dikategorikan pada empat jenis, yaitu: tujuan masyarakat sebagai keseluruhan, tujuan organisasi yang bersangkutan, tujuan fungsional, dalam arti tujuan manajemen sumber daya manusia dalam organisasi, dan tujuan pribadi para anggota.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar